13 Februari 2011

Januari 2011, Bupati Kembali Rombak Kabinet

  • Kinerja Tidak Betul dan Program Tidak Jalan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Bupati Ende Don Bosco M Wangge mengatakan, pada bulan Januari 2011 mendatang, akan kembali dilakukan mutasi pejabat. Mutasi yang dilakukan ini karena kinerja pejabat yang dipercayakan menduduki jabatan kurang memuaskan dan tidak betul serta diakibatkan program-program ekrja yang ditetapkan tidak berjalan.

Kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/12), Bupati Don Wangge mengatakan, mutasi dilakukan karena ada beberapa pejabat eselon II yang memasuki masa pensiun. Karena itu, perlu dilakukan mutasi untuk mengisi lowongan yang ada. Mutasi yang dilakukan, lanjut Don Wangge juga akan dilakukan terhadap beberapa camat.

Perombakan ”kabinet” ini, selain untuk emngisi lowongan juga terjadi akrena kinerja sejumlah pejabat yang dipercayakan masih kurang memuaskan. Kinerja para pejabat ini masih tidak betul dan program kerja yang ditetapkan tidak berjalan dengan baik sebagaimana diharapkan.

Dikatakan, dalam proses mutasi ini masyarakat diberikan keluasan untuk memberikan masukan. Masyarakat dapat melaporkan kinerja pejabat yang dipercayakan menduduki jabatan. Hal itu sejalan dengan Kepres 72 tahun 1972 yang mengisyaratkan pengawasan dapat pula dilakukan oleh masyarakat. Menurutnya, jika ada pejabat yang kinerjanya kurang bagus dan kurang memuaskan masyarakat maka masyarakat dapat menyampaikannya kepada pemerintah. ”Prinsip saya pejabat bengal tapi kalau kerja bagus tetap dipertahankan. Jangan alim tetapi kerja tidak betul,” katanya.

Namun terkait mutasi ini, lanjut Don Wangge, sejauh ini belum dibahas secara lengkap. Baperjakat baru diminta untuk menyusun mutasi dan belum final. ”kalau sudah final saya bisa sampaikan sekarang,” katanya.

Tidak ada komentar: