13 Februari 2011

Jelang Hari Raya, Seluruh Umat Diajak Jaga Ketenangan

  • Libatkan 490 Personil Amankan Natal

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Seluruh umat di Kabupaten Ende diajak untuk menjaga ketenangan, keamanan dan ketertiban terutama menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Apalagi, pada tahun ini, Ende mendapatkan kehormatan dikunjungi Wakil Presiden, Boediono.

Hal itu dikatakan Kepala Kepolisian Resor Ende, AKBP Darmawan Sunarko di Mapolres Ende beberapa waktu lalu. Kapolres Sunarko mengatakan, kondisi keamanan saat ini dalam keadaan kondusif. Karena itu, kondisi ini hendaknya tetap terjaga sampai perayaan natal dan tahun baru.

Aparat keamanan, lanjutnya siap mengamankan perayaan natal dan tahun baru. Namun demikian, seluruh umat juga harus ikut membantu menjaga ketenangan, keamanan dan ketertiban selama perayaan. Tingkast kerawanan menurutnya di mana-mana selalu ada dan bisa saja terjadi. Karena itu, butuh kerja sama semua pihak dalam menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Ini pertaruhan nama baik kabupaten. Apalagi menjelang kunjungan Wapres Boediono,” kata Sunarko.

Untuk pengamanan perayaan natal nanti, sebanyak 490 personil akan disiagakan. Personil ini tidak saja dari unsur Polri namun juga dari unsur TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan. Dikatakan, dalam pengamanan ini, aparat juga akan berkoordinasi dengan pihak gereja karena di setiap gereja juga memiliki pengamanan internal.

Sebelum dilakukan pengamanan, lanjut Sunarko, pihaknya akan mengundang pihak gereja untuk membicarakan sistem pengamanan yang akan dilakukan pada hari raya nanti. Kepada pihak gereja diharapkan selalu mengantisipasi terjadinya pencemaran pada saat perayaan. Kepada umat yang menghadiri , Kapolres Sunarko juga mengharapkan untuk tidak perlu membawa tas yang besar-besar dan cukup membawa apa yang dibutuhkan pada saat misa. Kalaupun membawa tas, nanti akan dilakukan pemeriksaan di pintu masuk gereja. “Ini juga demi keamanan pribadi dan menghindari terjadinya penjambretan,” katanya.

Dikatakan, untuk persiapan pengamanan natal nanti, akan dilakukan gelar pasukan pada 23 Desember. Setelah dilakukan gelar pasukan akan langsung dilakukan sterilisasi di gereja-gereja bersama Brimob. Setelah dilakukan sterilisasi di setiap gereja, akan langsugn ditempatkan dua petugas untuk melakukan penjagaan di gereja. Untuk gereja-gereja yang ada di seputar Kota Ende, pengamanan dilakukan oleh personil dari Polres Ende dibantu anggota Polsek terdekt. Sedangkan gereja-gereja yang ada di daerah akan dibantu pengamanan dari personil yang ada di Polsek masing-masing.

Tidak ada komentar: