13 Februari 2011

Dinas Perikanan dan Kelautasn Salurkan Bantuan Alat Tangkap

  • Kepada kelompok Nelayan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende dalam upayanya membantu para nelayan dalam peningkatan ekonomi keluarga serta menambah penyediaan sarana dan prasarana penangkapan, menyalurkan berbagai jenis alat tangkap kepada para nelayan. Kelompok-kelompok nelayan yang menjadi sasaran pemberian bantuan adalah yang ada di sejumlah kecamatan dan desa-desa pesisir dan pulau-pulau kecil.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ende, Willem Enga saat menyerahkan bantuan alat tangkap kepada kelompok nelayan. Kadis Enga pada kesempatan penyerahan itu mengatakan, pada tahun angaran 2010, dinas telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan baik di bidang perikanan tangkap, maupun bidang pengawasan dan pengendalian.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pengadaan satu unit kapal penangkapan ikan polle and line senilai Rp15 miliar yang bersumebr dari dana APBN. Realisasi fisiknay telah emncapai 70 persen. Selain itu, dinas juga melakukan pengadaan purse seine sebanyak tiga unit, gill net sebanyak empat unit, rumpon laut dalam dua unit dan cold box sebanyak tuju unit. Total anggaran yang dialokasikan senilai Rp1 miliar yang bersumber dari dana P2KP-DT. Realisasi fisiknya sudah mencapai 90 persen.

Pengadaan satu unit kapal polle and line, 10 unit sarana tangkap tuna, dua unit kelong, gillnet 475 pice dan dua unit kendaraan bermotor roda dua untuk penyuluh perikanan dengan pagu anggaran sebesar rp2,5 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus. Saat ini, realisasi fisiknya masing-masing untuk sarana tangka tuna, gillnet dan dua unit kendaraan roda dua sudah 100 persen dan akan diserahkan. Sedangkan paket kelong dan kapal polle and line sedang dalam proses penyelesaian.

Terkait pengadaan webbing purse seine dan mesin ketinting 5,5 pk, lanjut Enga, dialokasikan dana sebesar Rp 150 juta yang bersumber dari dana alokasu umum. Realisasi fisiknya sudah mencapai 100 persen.

Diakuinya, pengadaan sarana prasarana penangkapan tersebut merupakan upaya dinas membantu para nelayan untuk mekningkatkan ekonomi keluarga mereka. Selain itu, pengadaan ini juga untuk menjawab secara bertahap serta mendukung gerakan swasembada pangan di bidang perikanan dan kelautan.

Sarana prasarana tangkap yang diadakan tersbeut, lanjut Enga, akan diserahkan kepada kelompok-kelompok nelayan yang tersebar di sejumlah kecamatan, desa dan keluarahan pesisir dan pulau kecil. Sarana pancing tuna, lanjutnya akan diserahkan kepada sepuluh kelompok nelayan yang ada di Kelurahan Tanjung sebanyak lima kelompok dan Paupanda sebanyak lima kelompok.

Sementara untuk paket alat tangkap gillnet diserahkan kepada perorangan yakni kepada Jumad Umar (Mbongawani), Pua Abdurahman (Rukun Pima), Ibrahim Ahmatu (Rukun Lima), Umayah Mustafa (Tetandara). Untuk paket alat tangkap webbing purse seine diserahkan kepada Adnan Haji di Tetandara dan untuk bantuan mesin ketinting kepada Adnan Bela dari kelurahan Paupanda.

Tidak ada komentar: