13 Februari 2011

Wapres Pantau Pelaksanaan PNPM-MP di Desa Raporendu

  • Sejumlah Bank Salurkan KUR Bagi Kelompok Usaha

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Wakil Presiden Boediono dalam dua hari kunjungannya ke Ende, berkesempatan memantau pelaksanaan PNPM-MP di Desa Raporendu Kecamatan Nangapanda. Pada kesemaptan peninjauan ini, Wapres dan rombongan meninjau Pustu dan Taman Kanak-Kanak yang dibangun dari dana PNPM-MP.

Wakil Presiden Boediono dalam kunjungannya ke Desa Raporendu, Rabu (29/12) itu menegaskan, PNPM-MP merupakan program unggulan pemerintah pusat yang dikombinasikan dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam merencnakan apa yang dibutuhkan dan tenaga dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan PNPM-MP ini, laporan plaksanaannya berjalan bagus.

Sedangkan terkait penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pemerintah bertekad untuk membantu usaha kecil dengan menyiapkan sumber pembiayaan mengingat banyak kesulitan dalam pembiayaan. Pemerintah memberikan jaminan sehingga penyaluran KUR kepada kelompok usaha tidak lagi memikirkan agunan atau jaminan. Selain itu, pemerintah juga memberikan subsidi bunga sehingga bunga yang diterapkan lebih rendah daripada bunga yang diberlakukan di pasar. Dia berharap, KUR yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan disalahgunakan.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pada kesempatan itu mengatakan, program PNPM-MP dan KUR dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat di NTT yang adalah desa tertinggal. Hingga tahun 2010 ini, dana yang disalurkan telah mencapai ratusan miliar. PNPM-MP lebih diarahkan untuk pembangunan infrastruktur di pedeasan. Tahun 2011 mendatang, lanjutnya NTT akan mendapatkan alokasi Rp600 miliar. Dia berjanji, dana tersebut akan digunakan secara baik sesuai tujuan untuk mengentaskan kemiskinan di NTT. Terkait KUR, lanjut Lebu Raya, telah disalurkan Rp165 miliar lebih kepada 179 nasabah. Jangkauan KUR semakin besar dari waktu ke waktu.

Mardatila, warga Desa Raporendu di hadapan Wapres dan rombongan mengakui penyaluran dana PNPM-MP sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dia berharap, pemerintah terus menyalurkan dana PNPM-MP dan agar alokasinya diperbesar. Jika tahun 2010 hanya Rp2 miliar per kecamatan dia mengharapkan dapat ditingkatkan.

Pada kesermpatan ini, dilakukan penyerahan bantuan KUR kepada para nasabah dari Bank Rakyat Indonesia (BRI, Bank Mandiri dan Bank Nasional Indonesia (BNI). Selain itu, pemerintah melalui Menteri kesehatan juga memberikan bantuan kepada Pemda Ende fasilitas kesehatan juga dari Pertamina. Bantuan juga diberikan kepada sejumlah kelompok tani dari Menteri Kehutanan.

Usai kunjungan dari Desa Raporendu Kecmatan Nangapanda, Wapres bersama rombongan langsung kembali dan menuju Bandara haji Hasan Aroeboesman. Wapres bersama rombongan langsung berangkat menuju Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak ada komentar: